Address
Jl. Kirai II. No. 23, Kp. Tengah, Kec. Kramat Djati, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13510
Phone
081285600493
Email
whomearchitecture@gmail.com

Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Batu Bata

Diterbitkan Selasa, 21 Mei 2024

Dinding merupakan salah satu bagian dari konstruksi bangunan rumah, gedung atau bangunan lainnya yang berfungsi sebagai pembatas/penyekat antar ruangan dalam suatu bangunan. Ada beberapa penutup dinding yang sering digunakan seperti batu bata, batako, celcon/hebel, ketiga jenis bahan bangunan ini memiliki fungsi yang sama sebagai bahan untuk dinding hanya saja ukuran dan jenis bahan dasar nya yang berbeda. Jika batu bata memiliki bahan dasar tanah liat merah, maka hebel dan batako memiliki bahan dasar semen yang dicampur dengan bahan pendukung lainnya.

Bata ringan atau bisa juga disebut bata hebel adalah salah satu bahan bangunan yang terbuat dari adonan semen, batu kapur, pasir silika, kuarsa, aluminium bubuk, gipsum, dan air. Prose pengerasanya tidak dibakar hanya dijemur/dikeringkan dibawah teriknya suhu matahari secara langsung sebelum digunakan. Bobotnya yang ringan dan dimensinya lebih besar dari ukuran batu bata merah. Untuk daerah kota-kota besar warga sudah beralih menggunakan bata ringan/hebel karena mudah di dapatkan dan pemasangan lebih mudah dan terlihat lebh rapi ketika terpasang walaupun tanpa plesteran dinding. Keuntungan lainnya yaitu pasangan tidak mudah retak/pecah saat diangkut sehingga dirasa lebih aman.

Untuk saat ini hebel banyak digunakan wmasyarakat untuk pagar rumah, karena tampak rapi dan estetik walaupun tanpa plesteran dan acian. Salah satu keuntungan memakai bahan hebel adalah pemasangannya yang mudah dan bentuknya sudah di potong sesuai dengan ukurnnya masing-masing sehingga saat terpasang tidak terlihat kesenjangan antara pasangan yang satu dengan yang lainnya.

Dalam SNI 15-2094- 2000, disebutkan bahwa bata merupakan suatu unsur bangunan yang dibuat dari tanah dengan atau tanpa campuran bahan aditif dan dibakar pada suhu tertentu sampai mengeras sehingga dapat dugunakan sebagai salah satu bahan untuk dinding. Dalam proses pemasangannya sebagai bahan penutup dinding ada istilah yang kita kenal dengan pasangan batu bata. Pasangan batu bata adalah pasangan yang terdiri dari bahan pengikat (adukan) dan batu bata (pengisi). Dalam pelaksananaan pekerjaan dinding jika terdapat bentang antar kolom lebih dari 4 m maka dipasang kolom praktis. Tujuan pemasangan kolom praktis untuk penguat/penyokong agar dinding tidak mudah robah akibat bentang yang terlalu lebar.

Terlihat pada gambar diatas bahwa terdapat kolom praktis diantara dua bentang kolom utama yang dipasang dinding. Ini karena dinding yang sedang dikerjakan memiliki bentang lebih dari 4 meter jadi harus dipasang kolom bantu gara batu bata yang dipasang tidak ambruk atau roboh karenan pemasangan bata di dearah yang memiliki jarak kolom 4 meter/ lebih. Dinding merupakan gabungan dari pasangan batu bata yang direkatkan dengan spesi. Adapun sepsinya yang umum digunakan adalah campuran 1 semen : 4 pasir : air secukupnya. Luas dinding maksimal adalah 9 m² sehingga jarak paling jauh antar kolom adalah 3 m.Pekerjaan Pasangan batu bata merupakan salah satu pekerjaan arsitektur.

Batu bata saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat walaupun sudah mualai bergeser karena sudah ada material lain. Namun untuk daerah jauh dari kota masih menggunakan batu bata sebagai bahan utama dinding hal ini dikarenan prosuksi batu bata yang masih banyak terdapat didaerah perdesaan. Keutungan menggunakan batu bata adalah selain hargaya muruh juga stuktur utama batu bata yang terbuat dari tanah liat yang dapat meredam panas matahari walupun dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Untuk daerah yang memiliki iklim panas sangat cocok dipasang dinding pasangan batu bata.

Oleh :
Diyo Atmatri Putra., Udan Sumarsono

Referensi :

Kementerian PUPR (2013).”Materi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sektor Konstruksi, Sub Sektor Sipil Jabatan Kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung (Melaksanakan Pekerjaan Arsitektur)”. Badan Pembina Konstruksi. Pusat Pembina Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi.

Anonim (2000):”Standat Nasional Iindonesia 15-2094-2000 Batu bata Merah Pejal Untuk Pasangan Dinding”. BSN

Anonim. (2023) . “7 Langkah Pasang Hebel dengan Perekat Bata Ringan Terbaik “. Jakarta : MAPEI. Tersedia [Online  : https://www.mapei.com/id/en/blog/detail/blog/2023/03/10/7-langkah-pasang-hebel-dengan-perekat-bata-ringan-terbaik.