Address
Jl. Kirai II. No. 23, Kp. Tengah, Kec. Kramat Djati, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13510
Phone
081285600493
Email
whomearchitecture@gmail.com

Semua Hal yang Perlu Diketahui tentang Desain Rumah Minimalis

Diterbitkan Selasa, 21 Mei 2024

Garis bersih, reduktif, rapi, monokromatik, sederhana, dan ‘kurang itu lebih’ adalah beberapa istilah maupun konsep yang langsung muncul di benak seseorang ketika berpikir tentang desain rumah minimalis.

Oleh karena itu, desain rumah minimalis menjadi salah satu desain yang diminati banyak orang dalam membuat atau merenovasi sebuah rumah.

Terkait dengan desain rumah minimalis, desainer interior maupun arsitek memberikan pandangannya masing-masing, yang mana hal ini penting untuk diketahui.

Dilansir dari Elle Decor, Sabtu (15/10/2022), berikut ini adalah semua hal yang perlu diketahui tentang desain rumah minimalis

Apa itu desain rumah minimalis? “Minimalisme bagi saya adalah tentang menjaga ruang tetap sederhana, rapi, dan menonjolkan fitur arsitektur ruang yang menarik. Paletnya kebanyakan monokromatik dan warna digunakan sebagai aksen,” kata Sharon Blaustein, desainer interior di B Interior LLC.

Sharon menambahkan bahwa desain minimalis dan fungsionalitas berjalan beriringan. Ruang berdesain minimalis menggabungkan denah lantai terbuka, banyak cahaya, dan perabotan garis sederhana yang dibangun dengan baik dan nyaman. “Semua ini menciptakan ruang yang menenangkan dan mengundang yang memiliki estetika abadi,” kata Sharon.

Bentuk, fokus, dan fungsionalitas
Robert Brown, seorang Desainer Interior dari Robert Brown Interior Design, mengatakan kalau minimalisme memungkinkan sesuatu selain ruangan menjadi fokus.

Misalnya, orang-orang di dalam ruang atau pemandangan dari jendela mungkin lebih penting daripada dekorasi ruangan.

“(Semuanya) harus fungsional dan memberi nilai tambah pada ruang. Kamu tetap membutuhkan semua item dalam ruang agar berfungsi, tetapi dalam dekorasi minimalis, ‘bentuk’ sangat penting,” kata Brown.

Misalnya, di ruang makan, kamu membutuhkan meja dan kursi. Bagian-bagian furnitur ini perlu berbicara satu sama lain dan berhubungan dalam hal-hal seperti garis, warna, berat, dan lain-lain, serta harus bekerja sama dengan baik dalam bentuk dasarnya. Di ruang tamu kondominium minimalis yang dirancang oleh Brown dan timnya, dia berkata bahwa semua perabotan memiliki fungsi.

Kursi digunakan untuk seseorang duduk dengan nyaman, meja untuk minum, dan jendela tersembunyi untuk memungkinkan pemandangan dari kediaman berlantai tinggi. “Bahkan seninya sederhana dalam komposisi. Klien (seseorang) memiliki kehidupan yang sangat aktif dan membutuhkan rumah mereka untuk menjadi tenang, tidak merangsang mata,” kata Brown.

Arsitektur minimalis
Sementara, arsitektur minimalis juga bertujuan untuk meringkas muatan serta merampingkan bentuk dan struktur, ia memiliki bahasa yang kompleks sendiri.

“Arsitektur minimalis melibatkan penggunaan elemen desain reduktif, tanpa ornamen atau dekorasi,” kata Lilian H. Weinreich, seorang Arsitek dari Lilian H. Weinreich Architects.

Weinreich menambahkan kalau pendukung desain minimalis percaya bahwa memadatkan muatan atau daya muat dan bentuk desain hingga esensinya mengungkapkan ‘esensi arsitektur’ yang sebenarnya.

Mengilustrasikan pengekangan estetika adalah konsep kunci dalam kesederhanaan formal dan arsitektur minimalis.

Jennifer Tulley, seorang Arsitek dari Jennifer Tulley Architects mengatakan bahwa minimalisme adalah pendekatan desain di mana elemen struktur disederhanakan menjadi komponen esensialnya.

“Desain minimalis harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan. Di sinilah penggunaan cahaya, bentuk, dan material yang indah sangat penting,” kata Tulley.

 

sumber: https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/15/125100476/semua-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-desain-rumah-minimalis?page=all