Address
Jl. Kirai II. No. 23, Kp. Tengah, Kec. Kramat Djati, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13510
Phone
081285600493
Email
whomearchitecture@gmail.com

Pekerjaan Plafond Untuk Rumah Dengan Material Panel Sheet

Diterbitkan Selasa, 21 Mei 2024

Plafond merupakan komponen dari pekerjaan arsitektur yang berfungsi sebagai menutupi langit-langit rumah yang terletak di bawah rangka atap/ dak beton disamping itu pemasangan plafond juga di gunakan untuk mendukung keindahan dari desain interior suatu bangunan. Selain itu fungsi plafond adalah untuk menutupi instalasi ME yang terpasang di bawah ragka atap (instalasi kabel & sanitasi jalur air tidak terlihat) sehingga kondisi rumah  menjadi lebih rapi. Flapond di dapasang satu set dengan rangka nya serta list plafond. Berikut beberapa Gambar Plafond yang dikerjakan oleh weehome. Anda bisa menyesuaikan design dan selera yang diinginkan. Budget yang dimiliki serta bentuk yang diinginkan.

Gambar 1.1 dan 1.2 merupakan contoh pemasangan rangka falpond yang terbuat aluminum, dari gambar tersebut dapat kita lihat instalasi kabel dan dan saluran air. pemasangannya tepat diatas rangka plafond. Untuk rangkanya terbuat dari besi kaso atau besi hollow berukuran 20 x 40 mm dengan tebal 70 mm sebagai samping dan penggantung, serta berbagai ukuran lainnya sesuai dengan spesifikasi yang di minta oleh pemilik bangunan.

Gambar 1.3 dan 1.4 merupakan contoh penutup plafond dengan bahan Panel sheet. Panel sheet merupakan plafond dengan bahan gabungan Gypsum dan Serat fiber. dikutif dari [www.mustikaland.co.id] bahan penutup plafond yang satu ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan eternity dimana untuk pemasangannya membutuhkan rangka utama dan rangka anak berupa besi kaso atau besi hollow berukuran 20 x 40 mm dengan tebal 70 cm, besi tersebut berfungsi sebagai samping dan penggantung. Dalam pemasangan nya jangan lupa untuk memperhatikan letak titik-titik lampu dan titik lubang untuk akses untuk naik ke rangka atap, sebagai akses untuk perbaikan  bila terjadi kerusakan, atap, dan instalasi listriknya.

Oleh :  Udan Sumarsono1), Diyo Atmatri Putra2)